Apple iPhone X

Iphone X Dianggap Ringkih Dan 3 Kali Lipat Lebih Mahal

Blogreview.id – Peluncuran IPhone X menimbulkan pandangan skeptis bagi sebagian orang yang ragu akan kekokohan lPhone X. Dengan desain panel kaca yang melindungi bagian belakang membuat sebagian ragu apakah panel itu kokoh bilamana terjatuh? Untuk Anda yang masih ragu cobalah pembuktian dengan melihat sebuah video yang mengetes keringkihan IPhone X dan IPhone 8 Plus, dengan cara menjatuhkannya dari ketinggian yang sama.

Tes pertama dllakukan dengan casing yang melindungi bodi IPhone X dan IPhone 8 Plus. Hasilnya. IPhone X lebih baik dibanding IPhone 8 Plus. Tonjolan bingkai kamera di bagian belakang bias melindungi panel belakang dari kerusakan parah. Dan kerangka berlapis baja mampu menahan benturan leblh baik dibanding almunium. Namun menjatuhkan IPhone X berulang kali akan menimbulkan kerusakan yang cukup parah seperti tidak bisa membuka kunci layar.

Sehingga dalam video YouTube yang berisi tema tes jatuh antara IPhone X vs IPhone 8 Plus itu, ia memberikan alternatif untuk membuka iPhone X dengan fitur Face ID. Hasil tes yang berbeda didapatkan dalam video yang diunggah oleh Square Trade. Dalam video yang mengulas tentang ketahanan iPhone X tersebut menunjukan bahwa iPhone X adalah iPhone paling ringkih yang pernah dibuat Apple. la melakukan tes yang sama seperti yang dilakukan video sebelumnya. Begitu panel kaca pecah. Masalah berat akan terjadi di layar. Nampak garis hijau di samping kanan. serta pengenal wajah yang tidak berfungsi.

SquareTrade memberikan IPhone X nilai 90 untuk tingkat keringkihan, arttnya IPhone X sangat ringkih. Sedangkan IPhone 8, iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 yang ikut diuji coba itu mendapat skor lebih rendah, yakni masing-masing 67, 74, dan 80. Bisa saja penilaian dari SquarTrade ini tidak sepenuhnya tepat. Namun tidak ada salahnya untuk memberikan proteksi lebih untuk si smartphoneelite‘ ini

BACA:  Jual Velg Mobil: Ini Dia Petunjuk Memodifikasi Velg Mobil Anda dengan Benar

Iphone X ternyata dijual tiga kali lebih mahal dibanding harga produksinya. Smartphone flagship Apple yang resmi meluncur 3 November lalu dibanderol harga 999 dollar AS atau sekitar Rp 13,4 juta. Sedangkan menurut analis teknologi Techinsights yang membongkar dan menganalisa setiap komponennya, harga asli atau harga total komponen iPhone X hanya sekitar 357,5 dollar AS atau sekitar Rp 4,8 juta.

Harga komponen iPhone X memang lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 8 dan 8 Plus. Menurut analis teknologi, IHS Markit, harga komponen iPhone 8 dan 8 Plus sekitar 288,8 dollar AS, atau sekitar Rp 3,8 juta. Perbedaan harga dasar ini disebabkan oleh beberapa komponen iPhone X yang harganya lebih mahal dibandingkan komponen iPhone 8. Layar bezel less 5,8 inci milik iPhone X misalnya, memiliki harga sekitar 65,50 dollar AS atau sekitar Rp 884 ribu. Lain halnya dengan pelapis stainless steel dihargai sekitar 36 dollar AS atau sekitar Rp 486 ribu.

Sedangkan untuk iPhone 8, komponen yang sama seperti di atas masing-masing dihargai 36 dollar AS (Rp 486 ribu) dan 21,5 dollar AS (Rp 290 ribu). Meski harga produksinya lebih tinggi, margin iPhone X disinyalir lebih besar dibanding iPhone 8. Apple mendapat margin sekitar 64 persen dari produk iPhone X. Sedangkan untuk iPhone 8 dan 8 plus, margin yang dihasilkan hanya sebesar 59 persen. Tetapi hal ini perlu diingat bila perkiraan harga asli iPhone X yang menghitung harga semua komponen oleh perusahaan Techinsights dan IHS cuma melihat harga komponen mentah. Mereka belum memperhitungkan komponen biaya lainnya, seperti penelitian dan pengembangan, pembuatan perangkat lunak, biaya iklan dan distribusi.

 

Bezimeni ID Author

Tinggalkan Balasan